ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN PEMBELAJARAN DARING DI SMK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK BANGUNAN
Abstract
This research aims to analyze the effect of using online learning in learning building engineering drawings on students' conceptual understanding and development of practical skills. The research will evaluate the effectiveness of online learning in facilitating an in-depth understanding of the principles of building engineering drawing as well as students' ability to apply them practically. Apart from that, this research will also examine factors that influence the success of online learning, such as the level of interactivity, accessibility and quality of learning content.
References
Bambang warsita, (2017). Peran dan tantangan profesi pengembang teknologi pembelajaran pada pembelajaran abad 21. Jurnal teknologi pendidikan, vol 5, no 2
Haryono. 2017. Implementasi jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran di sekolah, jakarta: pustekkom kemdikbud, jurnal teknodik vol. 21 - nomor 1, juni 2017. Kemdikbud, 2016. Naskah akademik usul perubahan permenpan jabatan fungsional Ptp, jakarta: kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Kemdikbud, 2013. Permendikbud no. 99 tahun 2013 tentang tata kelola teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan kementerian pendidikan dan kebudayaan, jakarta: kemdikbud.
Kemdikbud, 2017. Permendibud no. 13 tahun 2017 tentang pedoman formasi Jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran, jakarta: kemdikbud kuhlmann, tom, instructioanl design challenges for today’s course designer, , April 15th, 2014 http://blogs.articulate.com/rapid-elearning/instuctional-designchallanges/.
Kusnandar, 2013. Pengembangan model pendayagunaan teknologi informasi dan Komunikasi (tik) untuk pendidikan di daerah terpencil, tertinggal, dan terdepan, Sidoarjo: bpmtp kemdikbud, jurnal kwangsan vol. 1- nomor 2, desember 2013.
Puspa Sa’diyah, Nilam. Brillian Rosy. (2021) Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada masa pandemi covid-19 Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Puspaningtyas, n. D., & dewi, p. S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. Jurnal pembelajaran matematika inovatif, 3(6), 703–712.
Ramadhan dkk. (2022). Metode demonstrasi pada pembelajaran jarak jauh gambar teknik di smk. Jurnal inovasi pembelajaran, 8(2), 224-233.
Ramadhan et al. (2022). Metode demonstrasi pada pembelajaran. Jurnal inovasi pembelajaran, 8(2), 224-233.
Sutrisno, r. N. A. R. (2016). Perbandingan motivasi dan prestasi belajar menggunakan metode demonstrasi dan metode example non example pada mata pelajaran menggambar interior dan eksterior bangunan kelas xi teknik gambar bangunan (tgb) smk negeri 2 sukoharjo.
Tangkas, i. M., & said, i. (2007). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran ipa di kelas iii sdn inpres tunggaling.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.