PENGARUH KOMUNIKASI DALAM MENCIPTAKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR YANG AKTIF
Keywords:
Communication, Education, Active.Abstract
Good communication is essential for reducing the probability of miscommunication in teaching and learning activities. This may assist the learner examine his knowledge of right and wrong and become accustomed to expressing opinions, and ideas. The purpose of the author's scientific paper is to provide educators with further knowledge or understanding to enhance their communication skills and establish an engaging learning environment in the classroom. A dynamic classroom conversation can provide a welcoming environment for students to feel at ease and comfortable sharing their thoughts and opinions, which may help them in understanding the subject matter being taught. Furthermore, the author hopes that by exchanging ideas, educators will recognise the value of communication skills in designing engaging teaching and learning activities.
References
Cara Mengasah Kemampuan Komunikasi Verbal di Dunia Kerja | TopKarir.com. (n.d.). Situs Resmi BPSDMI. https://cdcbpsdmi.kemenperin.go.id/article/detail/5-cara-mengasah-kemampuan-komunikasi-verbal-di-dunia-kerja
Afriani, R., Afriani, R., Sihombing, S., Margareta, E., & Margareta, E. (2022, December 1). PENGARUH GAYA KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN KONTROL ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TANAH JAWA T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i3.383
Apriliaswati, R. (2012, March 14). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL BERDASARKAN NILAI NORMA SOSIAL MELALUI PEER INTERACTION. Apriliaswati | Jurnal Cakrawala Kependidikan. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/278
Damayanti, E. M. (2022, April 10). PENGARUH KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PERILAKU BELAJAR (STUDI PADA MATA KULIAH PROGRAM RADIO TELKOM UNIVERSITY). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 116–130. https://doi.org/10.35326/medialog.v5i1.1349
Indriyani, U., Supriatna, N., & Sumantri, Y. K. (2020, April 11). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION GETTING ANSWER. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.23071
KrisnawatiSSosmIKom, A. A. A. M. (2022, June 21). 4 Jenis Gaya Komunikasi. BINUS Communication. https://binus.ac.id/malang/communication/2022/06/21/4-jenis-gaya-komunikasi/
Luqman, H. (2019, Mei 9). Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Matholi’ul Huda 02 Troso Jepara Tahun Pembelajaran 2019.
Miftah, M. (2019, February 20). STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 084–094. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473
Panggabean, T. T. N. (2019, April 23). Strategi Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru terhadap Anak Didik Autis di Yayasan Tali Kasih Medan. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 5(1), 44. https://doi.org/10.31289/simbollika.v5i1.2374
Paramithasari, & Kartika. (2019, August 8). LIMA KUALITAS SIKAP KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI OLEH UNIT CUSTOMER COMPLAINT HANDLING PT BNI LIFE INSURANCE. https://journal.univpancasila.ac.id. Retrieved April 3, 2024, from https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/download/1117/713/#:~:text=Menurut%20Devito%20(1997%3A%20259%2D264)%20dalam%20berkomunikasi%20interpersonal,melakukan%20ke%20lima%20hal%20tersebut.
Pasaribu, A., Lubis, S., & Br Silalahi, R. A. (2023, April 30). PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI GURU PADA MASA PANDEMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SIBOLGA. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(1), 37. https://doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3140
Rachmawati, F., & Sojanah, J. (2019, July 1). Pengaruh Media Pembelajaran dan Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMKN 1 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 215. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18017
Rahmania, Y., & Ismiyati, I. (2019, January 21). PENGARUH EFIKASI DIRI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PERILAKU BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1115–1129. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28344
Sari, S. (2020, January 30). Pengaruh Komunikasi dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 75–93. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.60
Vera, N. (2020, December 18). Strategi Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Avant Garde, 8(2), 165. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1134
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.