KONTRADIKSI IDENTITAS PADA AKOMODASI KOMUNIKASI BUDAYA DALAM IKLAN MARJAN VERSI BELA DIRI 2011

Authors

  • Yesica Yuliani Clara, Laurencia Steffanie Mega Wijaya Kurniawati Universitas Bunda Mulia

Keywords:

Akomodasi komunikasi, Analisis Konten, kontradiksi indentitas

Abstract

Perbedaan budaya tak selalu dapat diterima di masyarakat, adanya budaya dominan yang membuat budaya lainnya merasa terasingkan. Kurangnya kemampuan masyarakat dalam memahami keragaman kultural menimbulkan persoalan-persoalan komunikasi antarbudaya, salah satunya stereotip mengenai budaya satu sama lain, dan rasa etnosentrisme pada budaya masing-masing. Dalam perbedaan budaya mengharuskan perantau beradaptasi dengan budaya baru, salah satunya yang tampak dalam Iklan Sirup Marjan di bulan Ramadhan tahun 2011 versi Bela Diri atau yang secara detilnya berjudul “Silat Hip Hop Kakek Cucu Dance” berdurasi 2 menit 24 detik. Penelitian ini difokuskan pada proses akomodasi kedua tokoh, yaitu sang kakek sebagai guru silat (Budaya Betawi) dan cucu yang mahir dancer hip hop (Budaya Barat), dalam melakukan komunikasi akomodasi antara Diplomasi Budaya Islami melalui Musik Hip Hop dengan implementasi akhlak Islami dalam Pencak Silat terkait kontradiksi antar identitas kulturalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap akulturasi budaya sebagai pengaya identitas budaya Indonesia melalui pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Hasil dari Akomodasi komunikasi dalam interaksi antarbudaya pada kedua tokoh menunjukkan adanya modifikasi, penyesuaian, atau mengatur perilaku seseorang ketika merespons komunikasi dan perilaku orang lain.

 

References

PURWOKERTO Fransisca Cindy / Ninik Sri Rejeki PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA Jalan Babarsari No . 6 Yogyakarta 55281. Kajian Komunikasi, 1–15.

Farady, R., & Sierjames, J. (2018). Identifikasi Nilai Kemajemukan Indonesia sebagai Identitas Bangsa dalam Iklan Mixagrip Versi Keragaman Budaya Indonesian Pluralism Value Identification as Nation Identity in Mixagrip Advertising Version of Keragaman Budaya. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 37–50.

Fenny Leo, Joelene Tanmin, Frendy, A. I. (2019). Analisis Ornamen Budaya Betawi pada Elemen Desain Interior. Mezanin, 1.

Hasanah, R. (2011). Daya Tarik Emosional Iklan Berbalut Budaya. 1–10.

Hendriyani, H. (2017). Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan KayaMa`arif, M. A., & Kartiko, A. (2018). Fenomenologi Hukuman di Pesantren: Analisis Tata Tertib Santri Pondok Pesantren Daruttaqwa Gresik. Nadwa, 12(1), 181–196. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.1862

Hidayatullah, R. (2014). Punk Muslim: Ekspresi ldentitas Keagamaan Subkultur Muslim Urban. Journal of Local Culture, 2.

Indrayana, A. (2014). Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Budaya Lokal pada Iklan Televisi (Studi Kasus Produk Frestea versi Hiphop Wedding). Dekave, 7(2), 35–46.

Irianto, A. M. (2013). Integrasi nasional sebagai penangkal etnosentrisme di indonesia.

Iskandar, D. (2004). IDENTITAS BUDAYA DALAM KOMUNIKASI ANTAR-BUDAYA: Kasus Etnik Madura dan Etnik Dayak. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 6(2), 119–140.

Juditha, C. (2015). Stereotip dan Prasangka dalam Konfl ik Etnis Tionghoa dan Bugis Makassar. (25), 87–104.

Luzar, M. L. C. (2011). EFEK WARNA DALAM DUNIA DESAIN DAN PERIKLANAN. Humaniora, 2(9), 1084–1096.

Mardotillah, M., & Zein, D. M. (2017). Silat: identitas budaya, pendidikan, seni bela diri, dan pemeliharaan kesehatan. JURNAL ANTROPOLOGI, 18(2), 121–133.

Marta, R. F., & Supina. (2017). GEGAR BUDAYA NUSANTARA :

Rizky, A. Z. (2017). Diplomasi Hip-Hop : Sejarah , Muatan , dan Penggunaannya oleh Amerika Serikat di Indonesia. Hubungan Internasional.

s sukarsih. (2017). KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DI MASYARAKAT CIKANDE. 57.

Salwa Faisal, N. A. (2019). BUDAYA HIP HOP DI KALANGAN REMAJA BANDA ACEH HIP HOP CULTURE IN BANDA ACEH YOUTH. FISIP Unsyiah, 3(4).

Santoso, B. (2006). BAHASA DAN IDENTITAS BUDAYA. SABDA, 1(September).

Sari, N. O. P., & Rahardjo, T. (2019). Akomodasi Komunikasi Antarbudaya (Etnis Jawa Dengan Etnis Minang). Interaksi Online, 7.

Siregar, A. A. (2013). Media dan Kekerasan Terhadap Anak (Analisis Isi Berita Kekerasan Terhadap Anak dalam Harian Medan Pos). 66, 37–39.

SUHERI. (2019). Akomodasi Komunikasi. Jurnal Network Media, 2(1), 40–48.

Suryandari, N. (2017). EKSISTENSI IDENTITAS KULTURAL DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTUR DAN DESAKAN BUDAYA GLOBAL. XI.

TANO NAZOEAGGI. (2011). ANALISIS ISI PESAN KREATIF IKLAN MEDIA CETAK PERAIH MEDALI EMAS PENGHARGAAN BULANAN DALAM FORUM HTTP://WWW.ADSOFTHEWORLD.COM.

University of Waikato Islamic Studies Group. (2016). Waikato Islamic Studies Review. 2(2).

Wahyuningsih, S. (2014). Analisis Semiotika Komunikasi Roland Barthes dalam Iklan Samsung Galaxy Versi Gading dan Giselle di Pulau Madura. Sosio Didaktika, 2.

Downloads

Published

2024-07-24 — Updated on 2024-07-24

Versions

Issue

Section

Articles